Ad Code

Ticker

10/recent/ticker-posts

Siapakah Duladi Samarinda?

Dari judul asli: Membongkar Kebobrokan Duladi salah satu Aktifis FFI


Dalam berbagai kesempatan banyak saudara-saudara Muslim yang menanyakan tentang Facebooker yang menggunakan nickname Duladi Samarinda. Sebelumnya Penulis pernah menjawab pertanyaan tersebut di sebuah Group, tetapi agar mudah dicari dan ingin melanjutkan pembahasan masalah ini maka tidak ada salahnya jika Penulis tayangkan kembali, sekaligus melanjutkan pengungkapan fakta dan data tentang Duladi Samarinda.

Apa yang Penulis sampaikan ini sama sekali bukan didasari oleh kebencian, tetapi justru sebaliknya. Jadi, dalam kesempatan ini penulis memberi kebebasan seluas-luasnya kepada yang bersangkutan, baik Duladi Samarinda sendiri maupun para Fans beratnya, jika ingin menyampaikan keberatan atau bantahan apabila ada yang Penulis sampaikan tidak sesuai fakta. Tapi dengan catatan, tentu saja, bantahan dimaksud harus didukung oleh data dan fakta pula.

Meski tidak pernah mengenalnya secara pribadi, tapi sejak Oktober 2006 Penulis sudah kerap berdialog, bahkan berdebat dengan Duladi di berbagai Forum, seperti di antaranya:

1. Forum Al-islahonline.com.
2. Kemudian Penulis diundang oleh ybs untuk aktif di Web dan Forum yang dikelolanya.
3. Forum Einjil.com
4. Forum-swaramuslim.net
5. Forum Faithfreedom Indonesia
6. Forum Answering-ff.org
7. Forum Myquran.org

Berdasarkan pengalaman dari sekian lama berinteraksi dengan ybs di berbagai forum tsb, maka khusus bagi yang ingin mengetahui siapa, atau bagaimana sebenarnya Duladi, berikut ini Penulis akan berbagi sedikit informasi tentang sosok Penghujat Islam yang mengaku bernama Duladi, tetapi merasa sangat tersinggung jika ada yang memanggilnya dengan sebutan "Dul!"

Pada awalnya dulu, saat Duladi mulai aktif di Al-islahonline.com, profilnya dapat digambarkan seperti berikut:  
  1. Berdiskusi secara santun, tidak suka menggunakan kata-kata kasar,
  2. Menganggap FFI sebagai forum urakan, 
  3. Komit membela Kristen, tidak pernah sekalipun mengaku sebagai mantan Muslim,
  4. Mempersoalkan kenapa web Muslim (saat itu Al-islahonline.com) membahas Kristologi? 
  5. Membanggakan Kristen yang disebutnya tidak suka mencampuri urusan Agama lain,
  6. Menuntut hak jawab yang lebih bebas bagi netter Kristen di Web milik Muslim. Padahal semua artikel Al-Islahonline saat itu menyediakan ruang untuk menulis komentar bagi seluruh responden, 
  7. Mengaku "kapok" dan tidak mau berdebat lagi dengan Id Amor dkk.
Akan tetapi setelah aktif di Faithfreedom Indonesia, dia "murtad" dari pandangan-pandangan jadulnya, dan profilnya pun praktis berobah 180' menjadi seperti berikut:
  1. Duladi tidak bisa berdiskusi tanpa kata-kata kasar, urakan, bahkan melecehkan,
  2. FFI menjadi rujukan dan sumber ilmunya, di mana kemudian dia ikut menjadi moderator, 
  3. Membuat blog (dan situs-situs serupa) yang sama sekali tidak berbicara tentang Agamanya sendiri, tetapi justru secara total fokus mengekspose Islam lewat domain-domain yang 'menipu', semata-mata untuk mengekpresikan kebencian yang luar biasa terhadap Islam dengan cara-cara kotor, 
  4. Tidak memberi hak jawab kepada netter Muslim untuk menaggapi semua artikel blognya, bahkan pada awalnya sama sekali tidak menyediakan ruang komentar, yang belakangan baru disediakannya setelah didesak dan dikecam oleh para respondennya,
  5. Mengundang Id Amor masuk ke forumnya untuk menyumbangkan tulisan, tapi setelah dipenuhi dengan mengirimkan satu artikel, Duladi menempatkannya di keranjang sampah. 
  6. Mengumbar janji dan mengancam akan mengundang netter Muslim ke forumnya. Janji yang diumbar adalah: Forumnya bersifat fair, tidak akan menghapus posting netter muslim, dan karenanya, dia menantang netter Muslim yang tidak mau hadir di forumnya untuk debat secara tertutup via Email, tetapi kemudian akan dipublikasikannya di 5 forum online, 
Merespon tantangannya, Id Amor pun masuk ke forumnya. 

TAHAP PERTAMA
Pada tahap ini, tidak sampai 3 minggu aktif - karena terus-menerus dipermalukan akibat argumentasinya yang dangkal - seluruh posting Duladi selama Id Amor aktif di forum tsb dia hapus, sedangkan forum diskusi (yang ada hak jawab) yang dikelolanya mendadak tidak dapat diakses, sementara semua posting yang tidak ada ruang hak jawabnya (aman dari serangan balik), tetap dapat diakses.

Setelah mendapat kecaman, bahkan dikejar sampai ke Forum Einjil, barulah kemudian dia membuka kembali forumnya. Tapi seluruh posting selama 3 minggu pertama sudah hilang semua!

TAHAP KEDUA
Saat Id Amor masuk ke forumnya lagi, Duladi agak PD karena beberapa rekan Kristennya ikut bergabung. Dia kembali menantang debat satu lawan satu dalam  Thread Khusus dengan aturan yang dibuatnya sendiri, antara lain melarang keras caci-maki, menggunakan kata-kata kasar dlsb.

Tapi faktanya justru dialah yang paling sering melanggar aturan yang dibuatnya sendiri, hanya karena tidak kuat menahan nafsu untuk tidak mencaci-maki, menghujat, dan berkata kasar kepada lawan debat!

Belajar dari pengalaman "semua posting selama 3 minggu dihapus" oleh si pengecut Duladi, maka posting-posting Id Amor selanjutnya selalu dibuatkan salinannya (back-up) karena yakin suatu saat pasti dihapus lagi oleh Duladi.

Sementara itu,
Dalam debat di Thread Khusus, Duladi meniru gaya idolanya, Ali Sina, mempertaruhkan web yang dikelolanya untuk diserahkan kepada Id Amor jika Id Amor dapat membuktikan bahwa Islam benar, dan apa yang disampaikan Duladi salah. Sebaliknya, jka Id Amor kalah debat dengannya, Duladi menuntut Id Amor untuk membuat pernyataan terbuka bahwa Islam salah! 
Sikap Duladi ini membuktikan mentalitasnya yang kekanak-kanakan, karena orientasi debatnya cuma seputar "kalah atau menang" saja. Selain itu dalam hal "bertaruh" juga sangat tidak sebanding. Menuntut lawan debat mempertaruhkan iman, sedangkan dia sendiri hanya berani mempertaruhkan "web picisan'" yang sama sekali tidak ada harganya!

Id Amor sadar betul bahwa tantangan Duladi ini hanya sekedar gertak sambal, karena itu Id Amor tantang balik untuk benar-benar "bertaruh" dengan resiko sebanding; yaitu sama-sama bersedia untuk membuat pernyataan terbuka bahwa apa yang selama ini dimani adalah salah, jika salahsatu oponen kalah debat! Faktanya, sejak debat Thread Khusus dimulai hingga berakhir secara sangat  menyedihkan sekalipun, ternyata Duladi tetap tidak berani menyatakan ketegasannya menyikapi tantangan balik Id Amor tsb.

Adapun tentang debat Thread Khusus atara Duladi vs Id Amor (waktu itu menggunakan nickname Romadi) yang diperkirakan oleh Duladi akan berlangsung sampai berbulan-bulan, mengingat kompleksitas materi dan keleluasaan waktu bagi masing-masing oponen, nyatanya berakhir kurang dari 2 bulan dengan hasil akhir; Duladi harus menerima kekalahan TKO!

Ini diakuinya sendiri seperti kutipan pernyataan berikut:

Duladi :: tanggal 02 Juni 2007 23:44:46
Quote:
Adikku Romadi, menurut hemat saya semuanya sudah Anda ulas. Terima kasih. Tapi untuk ke depannya, tentu keinginan kita yang sebenarnya adalah agar di antara kita tidak ada yang melewati argumentasi bagus dari teman diskusi. Yang mesti kita prioritaskan, bukan menanggapi argumen-argumen lemah dan mengabaikan argumen yang kuat. Itu saja.
Sekali lagi buat Adik Romadi, saya pikir seluruh ulasan Anda yang panjang itu
sudah mencakupi semua tulisan saya.

Sebaliknya, Duladi langsung mati gaya ketika Id Amor bertaya; apakah dia sudah menjawab semua pertanyaan balik Id Amor? 

Reaksi yang kemudian dia tunjukkan bukan menjawab seperti seharusnya, tapi justru menjadi berang dan kalap! Duladi memakii, menghujat, bahkan menuduh Id Amor membuat ayat Palsu dst. Tapi segala tuduhan dan makiannya menjadi blunder karena Id Amor dapat membuktikan bahwa data-data yang Id Amor sampaikan Valid.

Selanjutnya, lagi-lagi Duladi menunjukan sikap pengecutnya dengan membuat forumnya tidak dapat diakses, persis seperti yang pernah terjadi sebelumnya - lalu membukanya kembali setelah 'diburu' dan 'diledek' di forum lain (saat itu ia coba-coba posting di swaramuslim). 

Kendati demikian, dia bersikukuh tidak mau mengakui kesalahan dan kekalahannya debat melawan Id Amor sebagaimana yang pernah diakuinya sebelumnya. Sedangkan sebagai gantinya, dia mengancam akan menghapus seluruh Posting Id Amor, sambil melempar isu-isu lain seputar Islam yang sama sekali tidak ada hubungannnya dengan topik debat di Thread Khusus buatannya sendiri!

Berikut adalah kutipan respons Duladi menanggapi pertanyaan Id Amor:

Duladi :: tanggal 02 Juli 2007 00:32:30
Quote:
Sebelum aku jawab pertanyaan tololmu, jawab dulu:

KAU KELIRU ATAU BENAR, MENGARTIKAN YOH 8:41 SEBAGAI TUDUHAN ANAK HARAM KEPADA YESUS?

Kalau kau tidak mau menjawab, seluruh postingan & topik yang kamu buat 
akan aku hapus dari sini.
Aku beri waktu 3 hari.

-DULADI-


Admin :: tanggal 19 Juni 2007 00:27:16
Quote:
Silahkan debat dilanjutkan, tapi postingan-postingan yang tak berbobot 
akan langsung dibuang ke Tong Sampah.

Admin memiliki hak penuh dan tidak bisa diganggu gugat.
Admin akan mengontrol jalannya diskusi.

- ADMIN -

Dari situasi ini kita dapat melihat sendiri bahwa sesungguhnya Id Amor sedang menghadapi Duladi yang berperan ganda, yakni sebagai pemain sekaligus merangkap Wasit! Tentu saja dia bebas berbuat apa pun yang dirasa perlu untuk menyelamatkan mukanya tiap kali terpojok. 

Penghapusan posting-posting Id Amor ternyata mendapat kecaman dari teman-teman Kristenya sendiri, termasuk, tentu saja, dari member Muslim. Tapi Duladi memilih bersikap sebagai Ditaktor,  mengancam semua member yang coba-coba mempersoalkan tindakannya akan diperlakukan sama seperti Id Amor; postingnya akan dihapus, bahkan pelakunya akan dikeluarkan (banned) dari forum!

Perlakuannya ini Id Amor tanggapi - menggunakan nickname Id Amor - dengan menulis komentar di forumnya (sengaja menggunakan capslock) sebagai berikut:

Id Amor :: tanggal 03 Juli 2007 00:02:47
BUAT ADMIN/DULADI

SELAMAT ANDA TELAH MEMBUKTIKAN DIRI SEBAGAI ADMIN PARANOID 
= LIHAT KRITERIA SOAL TERSEBUT SEPERTI YANG DIJELASKAN SDR ROBERT!

SELAMAT ANDA TELAH MEMBUKTIKAN DIRI SEBAGAI MANUSIA DUNGU 
= BERDASARKAN KRITERIA DARI AMSAL SULAIMAN

SELAMAT ANDA TELAH MEMBUKTIKAN DIRI ORANG YANG MENGGUNAKAN DISKUSI AROGAN & EMOSIONAL = BERDASARKAN KESIMPULAN SDR IMAN

SELAMAT ANDA TELAH MEMBUKTIKAN DIRI SEBAGAI ADMIN YANG CURANG 
= DAN FORUM INI TIDAK LAYAK DI AKSES KARENA ADMINNYA CURANG BERDASARKAN PANDANGAN SDR DAUD IBRAHIM

APAKAH ANDA AKAN MENGHAPUS POSTINGAN-POSTINGAN MEREKA YANG KEBETULAN BERSEBRANGAN DENGAN PENDAPAT ANDA???? DAN TERMASUK AYAT DARI AMSAL SULAIMAN AKAN ANDA HAPUS JUGA DI SLOGAN SITUS INI (buatan duladi)??

ATAUKAH ANDA AKAN BERUBAH PIKIRAN DENGAN TERLEBIH DAHULU MENGHAPUS POSTINGAN SAYA INI??? SEPERTI KEPUTUSAN ANDA YANG SEBELUMNYA?

TTD
ROMADI/ID AMOR
Id Amor tahu betul posting tsb akan dihapus oleh Duladi karena mengenal baik wataknya sebagai manusia yang sangat-sangat Narsis. Karena itu posting yang sama Id Amor tayangkan juga di swaramuslim. 


Dia lupa pada pernyataannya sendiri yang obral janji-janji sebelumnya.

Quote:
Saudaraku Romadi,
Situs saya telah ONLINE. Anda bisa menyampaikan argumen-argumen Anda di sana. Tanpa sensor, 100% FREE.

Saya sebagai Admin hanya akan menghapus komentar-komentar SAMPAH model JOE (Al-Islah).

Kalau Anda punya unek-unek, silahkan. Nggak ada yang menutup-nutupi. Semua komentarmu yang KRITIS tentang Kristen atau Islam akan ditampilkan semua.

Dia lupa bahwa kehadiran Id Amor di forumnya adalah atas undangannya sendiri dengan mengumbar janji dan bermulut manis.

Duladi :: Minggu, 21 Jan 2007
Quote:
DULADI SAMARINDA wrote:
Dear Mas Romadi,
///////

Anda bisa lihat-lihat situs saya di:
http:/xxxxxl-islam.t35.com

Sekarang ini masih dalam tahap penyusunan.
Semoga Anda bisa turut berpartisipasi mengirim sejumlah artikel.

Sosok Duladi adalah manusia yang menghalalkan segala cara demi untuk memenuhi ambisi dan misinya. Id Amor akan ceritakan sedikit beberapa kejadian yang membuktikan bahwa mental Duladi memang benar-benar Bobrok!

Dalam sebuah kesempatan, setelah berkali-kali menampik tantangan balik dari Id Amor,  akhirnya dia menjelaskan kenapa tidak mau debat dengan Id Amor. Alasannya adalah karena merasa sudah tua, sudah berumur - mungkin maksudnya sudah tidak berenerji lagi.

Lihat Selengkapnya

Tapi tokh Duladi tetap penuh enerji ketika memutuskan masuk ke Answering Faithfreedom dengan menggunakan akun lain berinisial Baedowi. Dia mengira bahwa dengan ganti muka (menggunakan nickname lain) dapat mengelabui Muslim. Namun faktanya, netter Muslim dengan mudah dapat mencium bau busuk mental Duladi sekalipun dia menggunakan akun Baedowi.

Lucunya, ketika Id Amor membongkar 'kebebalan Duladi Samarinda" di forum tsb, Duladi yang menggunakan topeng Baedowi mengatakan bahwa Duladi Samarinda adalah orang tolol dan bodoh!

Jadi, begitulah! Demi misinya (agar tidak dianggap sebagai Duladi) dia rela menyatakan dirinya sendiri sebagai orang bodoh dan tolol. Sayangnya, akal-akalannya tsb gagal total karena tetap saja tidak dapat menutupi fakta bahwa Baedowi adalah Duladi Samarinda!

Bualan besarnya yang lain adalah, selain mengaku sebagai muslim, atau mantan muslim, dia juga membual dengan cara membuat akun lain lagi yang seolah-olah berposisi sebagai seteru Duladi dalam urusan agama dan keyakinan, namun hanya dalam waktu singkat, sang seteru sudah menjadi pengikut dan Pemuja Duladi.

Waktu di alislahonline, ia membuat akun kloningan berinisial Anwar Qoiri dan Puan Maharani. Sosok Anwar Qoiri ini disetting sebagai orang Islam liberal, sedangkan Puan Maharani disetting sebagai salahsatu korban Tsunami Aceh.

Sejak awal bau busuk dua akun ini sangat menyengat, namun Id Amor sengaja berpura-pura tidak tahu bahwa kedua akun buatna Duladi ini adalah akun netter fiktif,  lalu Id Amor mengajak keduanya untuk dialog dari hati ke hati melalui email. Namun sebagai ganti menyambut ajakan berdialog, kedua akun fiktif yang diperankan oleh Duladi ini buru-buru membuat pengumuman bahwa mereka sudah murtad berkat bimbingan Duladi! 

Id Amor yakin strategi Duladi ini pasti digunakan juga di forum lain, yakni membuat akun-akun netter Muslim fiktif yang kerap memuji Duladi, suka berdebat dengan netter Muslim, dan tidak lama kemudian menyatakan dirinya murtad, lalu membuat kesaksian palsu tentang alasan kenapa murtad. Kesaksian-kesaksian palsu ini selanjutnya dipublikasikan - baik di web atau forum yang dikelola oleh Duladi - atau di forum-forum di mana Duladi aktif.

Keyakinan tersebut terbukti ketika Duladi aktif di myquran. Dia membuat akun netter Muslim fiktif berinisial Devi Nurjanah. Tapi lagi-lagi netter Muslim di myquran juga dapat mencium bau busuk kelakuan Duladi ini. 

Ironisnya, bagi mayoritas netter Kristen awam, praktek-praktek busuk Duladi tsb mereka telan mentah-mentah sebagai sebuah kebenaran. 
Note: Simak dialog Id Amor dengan Duladi CS perihal akun-akun palsu tsb di sini.

 

Bagikan artikel ini

Posting Komentar

0 Komentar